Penyebab Buang Air Kecil Mengeluarkan Darah

Apa penyebab buang air kecil mengeluarkan darah ? hal tersebut sudah tentu muncul dalam benak kita ketika mengalami kencing ada darahnya terutama jika hal tersebut terjadi untuk pertama kalinya,tenang jangan panik dan takut namun anda perlu segera mengatasinya.

Keluar darah pas kencing atau kencing berdarah dalam dunia medis dikenal dengan istilah “Hematuria” yakni kondisi dimana adanya darah dalam air seni atau kencing,sehingga warna air kencing berubah menjadi kemerahan.

Kencing berdarah memliki gambaran yang bervariasi yakni berwarna merah mudah, merah sekali, merah kecoklatan sampai warna merah pekat seperti air teh.

Hematuria bukanlah suatu penyakit melainkan kondisi medis serius dari gejala suatu penyakit untuk itu jangan pernah abaikan dan segera lakukan pengobatan yang serius jika anda mengalaminya.

Lalu Penyakit Apa Yang Menjadi Penyebab Keluar Darah Saat Kencing ?

kencing darah

Ada beberapa organ dalam saluran kemih kita yang berpengaruh akan terjadinya kasus kencing berdarah seperti : ginjal, ureter (tabung seperti selang menghubungkan ginjal dan kandung kemih ), kandung kemih (tempat penyimpanan urin), dan Uretra (saluran seperti tabung mulai dari kandung kemih ke luar tubuh).

Nah ketika beberapa organ tersebut mengalami gangguan atau bermasalah maka salah satu indikasinya adalah kencing berdarah.

Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang menjadi penyebab buang air kecil mengeluarkan darah yakni berupa : Infeksi saluran kemih ( ISK ), Infeksi Ginjal, Batu ginjal, Membengkaknya kelenjar prostat, Gangguan pada ginjal, adanya kanker atau tumor, cederta atau taruma pada ginjal dan saluran kemih serta aktivitas berat atau olahraga berat juga bisa menyebabkan timbulnya kencing berdarah.

Namun secara umum penyebab dari timbulnya kencing berdarah adalah penyakit ISK atau infeksi saluran kemih yang terjadi ketika bakteri memasuki tubuh melalui uretra dan berkembang biak di dalam kandung kemih.

Selain menyebabkan kencing berdarah infeksi saluran kemih juga biasanya menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti ingin terus berkemih ( anyang anyangan ), sakit perih dan panas pada saat buang air kecil serta bau air kencing yang menyengat.

Selain ISK penyebab tersering yang mengakibatkan kecing berdarah adalah adanya gangguan pada ginjal seperti infeksi ginjal, radang ginjal, penyakit ginjal dan batu ginjal.Namun jika anda mengalami kencing berdarah disertai sakit dan ngilu pada saat kencing maka besar kemungkinana anda menderita penyakit ISK.

Nah untuk itu guna mengetahui kepastian tentang penyebab buang air kecil mengeluarkan darah yang anda alami maka sebaiknya anda segera melakukan pemeriksaan secara medis sehingga diketahui penyebabnya apa.

Namun jika anda merasa takut untuk melakukan pemeriksaan secara medis anda bisa mengatasi kencing berdarah yang anda derita sendiri dirumah secara alternatif yakni dengan mengkonsumsi obat tradisional.

Demikianlah informasi tentang penyebab buang air kecil berdarah ini semoga bermanfaat dan menjawab rasa ingin tahu anda.Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini jangan lupa dishare jika dirasa artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *